Terastangerang.com – Sebanyak 90 siswa SMKN 5 Kabupaten Tangerang dibekali ilmu dasar jurnalistik dalam kegiatan literasi media yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang di aula SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Rabu (28/2/24).

Kegiatan yang bertajuk Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang Goes To School, Literasi Media itu bertujuan untuk membekali para pelajar tentang pengetahuan dasar jurnalistik serta media sosial yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan di kalangan pelajar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para peserta memahami dasar-dasar jurnalistik dan media sosial, sehingga mereka menjadi generasi yang melek informasi dan bijak dalam menggunakan media sosial,” ungkap Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo.

Mulyo mengatakan, program Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang didesain sebagai wahana untuk melakukan transformasi nilai, pengetahuan dan keterampilan bagi jurnalis juga masyarakat umum.

Melalui program tersebut, tambah Mulyo, PWI Kabupaten Tangerang bertekad untuk terus meningkatkan kompetensi anggotanya, serta sekaligus mengedukasi masyarakat seputar jurnalistik.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, kompetensi anggota kami terus meningkat, sementara masyarakat juga kian melek media,” imbuhnya.

Selain itu, program ini juga sebagai upaya melakukan kaderisasi, sehingga pelajar maupun mahasiswa yang bercita-cita ingin menjadi wartawan, sejak dini telah mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik.

IMG 20240228 WA0024
Puluhan pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang saat mengikuti akademi komunikasi PWI Kabupaten Tangerang

Kepala Sekolah SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Surta Wijaya menyambut baik dan mengapresiasi program tersebut.

Menurutnya, kolaborasi antara PWI Kabupaten Tangerang dengan sekolah yang dinakhodainya merupakan terobosan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswinya di bidang jurnalistik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Tangerang yang telah menjadi bagian dari keluarga besar kami dalam mendidik anak-anak kami, terutama dibidang jurnalistik,” ucapnya.

Melalui kegiatan ini, Surta berharap para siswa-siswinya terpacu untuk semakin giat belajar, karena banyak mendapatkan wawasan dan menimba pengalaman dari para wartawan senior di PWI Kabupaten Tangerang.

“Tentunya kami akan terus bersinergi dan bergandengan tangan dengan PWI Kabupaten Tangerang untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di SMKN 5 Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan jurnalistik dari dua wartawan senior di Kabupaten Tangerang, yaitu Sahatma Refindo dan Elentio MS.

Sahatma Refindo yang pernah dua periode menjadi Ketua PWI Kabupaten Tangerang menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik, sementara Elentio yang juga seorang pendidik menyampaikan materi media sosial. (Tim)