Terastangerang.com, – Plastik kresek ramah lingkungan Enviplast menjadi wadah untuk pendistribusian daging kurban, di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Cikokol, Kota Tangerang, pada Senin (17/6/24).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo menjelaskan, meski tidak seluruhnya menggunakan plastik ramah lingkungan karena keterbatasan jumlah, paling tidak plastik tersebut dapat manjadi alat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Sebagai jurnalis tentu kami mempunyai peran untuk membantu negara dalam mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan mengatasi sampah yang semakin mengkhawatirkan,”kata pria yang akrab disapa bang Mul.

Dia menambahkan, bahwa plastik kresek ramah lingkungan Enviplast berbahan dari tepung tapioka, singkong, sagu dan jagung sehingga mudah terurai dalam waktu singkat.

IMG 20240617 WA0019
Plastik kresek ramah lingkungan Enviplast menjadi wadah untuk pendistribusian daging kurban PWI Kabupaten Tangerang

Mul mengaku mendapatkan plastik ramah lingkungan tersebut dari salah satu DKM yang ada di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

“Kami mendapatkan plastik ini dari DKM An Nuur yang menjalin kerjasama dengan manajemen Enviplast. Karena jumlah yang kami dapat tidak terlalu banyak, maka kami manfaatkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemerintah baik pusat maupun daerah serius dalam mengatasi persoalan sampah plastik yang semakin hari semakin menghawatirkan.

“Saya rasa Pemerintah dan seluruh stakeholder harus benar – benar serius menangani dan mengatasi sampah plastik. Kita lihat saja di TPA – TPA yang ada saat ini didominasi oleh sampah plastik yang tidak mudah terurai dan semakin menggunung, dan ini adalah ancaman bagi lingkungan hidup,” tegasnya.

Untuk diketahui dalam merayakan Idul Adha 2024 ini, PWI Kabupaten Tangerang telah menyembelih sedikitnya 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing yang dibagikan kepada anggota dan masyarakat di sekitar Gedung PWI Kabupaten Tangerang di Cikokol, Kota Tangerang. (*)