Terastangerang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan apel siaga bencana tingkat Kabupaten Tangerang di Lapangan Raden Aria Yudhanegara, pada Selasa (19/12/23).

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony menegaskan, bahwa menjaga persatuan dan kesatuan adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa.

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan tetapi juga seluruh elemen masyarakat,” ungkap Pj Bupati Tangerang Andi Ony.

Menurut dia, wujud konkret bela negara bukan hanya terkait aspek militer, namun lebih luas lagi, harus terus dikobarkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap tindakan, sekecil apa pun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkeit bela negara,” jelasnya.

Berkaitan dengan apel siaga bencana, Pj Bupati Tangerang, Andi mengungkapkan, hasil kajian risiko bencana tahun 2022 sampai dengan 2027 terdapat delapan ancaman potensi bencana.

“Potensi tersebut antara lain banjir, banjir bandang, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim dan abrasi, gempa bumi, tsunami, kekeringan dan kebakaran lahan,” ungkapnya.

Pj Bupati Tangerang, Andi Ony berharap, melalui gelar apel siapa bencana tersebut bisa meningkatkan koordinasi dan komunikasi semua elemen dalam menghadapi bencana.

“Saya berharap melalui kegiatan apel siaga ini bisa menjadikan sarana untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi koordinasi dan komunikasi semua elemen dalam menghadapi bencana.

Ia juga mengajak seluruh pihak untuk senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan baik sehingga kondisi kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana dapat optimal.

“Saya mengharapkan partisipasi aktif seluruh jajaran Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, ormas, relawan, wirausaha dan tenaga kesehatan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati memeriksa pasukan dan kesiapan peralatan dan kendaraan operasional kebencanaan, penyerahan piagam penghargaan Fire Safety Award kategori industri, apartemen dan mal serta menerima simbolis sertifikat aset milik Pemkab Tangerang sebanyak 653 sertifikat yang diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang.(eri)