Terastangerang.com – Pj Bupati Tangerang, Andi Ony mengaku kaguman dan bangga atas pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang yang begitu meriah dengan defile peserta dari 29 kecamatan dan antusias masyarakat yang luar biasa yang memenuhi arena pembukaan.

“Saya bangga dan sangat terkesan dengan pembukaan MTQ ke-54 ini. Semarak dan antusias yang luar biasa dari seluruh masyarakat. Ini merupakan bentuk upaya pencapaian tujuan pembangunan keimanan,” ungkap Pj Andi Ony saat pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang di Lapangan Perumahan Adiyasa Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/1/24) malam.

Dalam kesempatan itu Andi Ony juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-54 tersebut.

Ia berharap, melalui MTQ ini dapat melahirkan qari dan qariah terbaik yang dapat mewakili Kabupaten Tangerang di even MTQ Provinsi Banten nantinya.

“Kita sudah 2 tahun berturut-turut menjadi juara umum MTQ Tingkat Provinsi Banten, harapannya tahun ini untuk ketiga kali berturut-turut, kita bisa raih kembali dan mempertahankan gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten,” harapnya.

Dia menandaskan, pelaksanaan MTQ bukan hanya menguji kemahiran membaca Al-Qur’an tetapi yang lebih penting bagaimana meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ bukan hanya menguji keterampilan baca Al-Qur’an, tetapi juga menilai sejauh mana kita mampu meresapi dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Andi meminta kepada masyarakat untuk menjadikan MTQ sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri, baik dari segi spiritual maupun intelektual.

“Mari kita tingkatkan kualitas bacaan kita dan renungkan makna yang terkandung dalam setiap ayat yang kita baca. Saya yakin dengan semangat dan tekad yang kuat, kita akan mampu meraih hasil yang memuaskan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang mengungkapkan, bahwa pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2024 digelar di Kecamatan Solear, berlangsung selama 6 hari dimulai dari tanggal 11 hingga tanggal 16 Januari 2024.

“Pada MTQ ke 54 di Kecamatan Solear ini, dikuti sebanyak 1323 peserta dari 29 kecamatan se Kabupaten Tangerang, ini merupakan jumlah peserta terbanyak selama penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Tangerang, dengan 14 arena,” ungkap Maesyal Rasyid.

Dia mengatakan hasil seleksi dan pemenang dari setiap cabang yang dilombakan akan dibina lebih lanjut, dipersiapkan secara matang untuk mewakili Kabupaten Tangerang pada MTQ Provinsi Banten. (rls/T1)