Terastangerang.com- Penataan Kawasan Pemukiman di RW 05 Perumahan Pakujaya Permai, Kelurahan Pakujaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah dimulai.

Lurah Pakujaya, Astari kepada terastangerang.com membenarkan bahwa proyek penataan kawasan pemukiman “Bedah Kampung” oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Tangsel sudah dimulai. Hanya saja pihak kelurahan tidak banyak mengetahui terkait program tersebut.

“Iya saya diundang ketua RW 05 Perumahan Pakujaya Permai untuk menghadiri sosialisasi terkait program bedah kampung di perumahan tersebut pada Minggu, 23 Juni 2024,” kata Lurah Astari diruang kerjanya, Senin 24 juni 2024.

Lurah menjelaskan bahwa Kelurahan Pakujaya terdiri dari 28 RW dan 143 RT. Dari jumlah tersebut, lingkungan RW di perkampungan hanya ada 6 wilayah. Yakni, RW 01, 02, 03, 04, 12 dan 22.

Ditanyakan kriteria, lingkungan RW yang mendapatkan program bedah kampung tersebut lurah juga tidak mengetahui detailnya seperti apa.

“Sebaiknya ditanyakan langsung ke Dinas Perkim saja. Saya juga taunya baru sekarang. Karena memang program ini tidak termasuk dalam usulan Musrenbang,” ujarnya.

Pada prinsipnya, Lurah Astari juga sangat bersyukur dengan program penataan lingkungan di wilayahnya. Terutama penataan drainase yang kerap menjadi penyebab banjir.

“Penatan di kawasan RW 05 Pakujaya Permai, selain drainase juga ada rehab total pembangunan Gedung Serbaguna, di lingkungan RT 02,” pungkasnya.

Terkait besaran jumlah anggaran yang digelontorkan, berdasarkan informasi yang ia dapat, lurah mengatakan sekira 10 milyar.

Sementara itu, pantauan terastangerang.com di Komplek Perumahan Pakujaya Permai, nampak sejumlah pekerja sudah melakukan penutupan lokasi GSG dengan pagar seng.

“Baru hari ini dikerjakan. Bangunan GSG nanti mau dipugar semuanya. Kalau ukurannya 20 x21 meter,” kata salah satu pekerja yang ada dilokasi.

Sayangnya dilokasi tersebut belum terlihat papan proyek guna menjelaskan berapa besar anggaran pembangunan. Pekerja yang ditanyakan juga tidak tahu persis dimana papan plang dipasang. (mln)