Terastangerang.com – Puluhan emak-emak di Serpong Utara, begitu antusias mengikuti pelatihan olahan lele yang digelar PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), Tbk. Tangerang Mill, di Jalan Haji Joan, Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Rabu (15/2/23).

Dalam pelatihan tersebut IKPP Tangerang menghadirkan pelatih handal yakni Sugiat selaku Pembudidaya dan Olahan Lele di Kelurahan Muncul.

Emak-emak yang menyerbu pelatihan itu juga terlihat sangat fokus memperhatikan cara mengolah lele menjadi makanan yang lezat dan memiliki nilai jual yang dapat meningkat keluarga.

Head of Corporate Social Responsibility (CSR) IKPP Tangerang, Lily Yulianingsih mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan bisnis rumahan yang berbahan iklan lele.

“Jadi tidak hanya menghasilkan lele segar tapi juga ibu-ibu kita libatkan untuk bisa membuat olahan lele yang hari ini kita pelajari seperti lele krispi, rempeyek lele dan sebelumnya juga kita pernah ajarin bikin nugget lele, abon lele dan lain lain,” ujarnya

Lily menjelaskan, pihaknya akan terus mendampingi masyarakat agar mereka lebih bisa mengembangkan dirinya.

“Tidak hanya dari sisi pelatihan pelatihan saja, inovasi ikan lele ini juga harus mememiliki market, jangan sampai mereka sudah memproduksi tapi tidak bisa dijual,” terangnya.

Dengan adanya pelatihan olahan lele ini, Lili berharap masyarakat bisa lebih mandiri dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

“Harapan kita adalah masyarakat ini bisa mandiri kedepannya menjadi usaha usaha kecil yang mereka bisa lakukan dari rumah mereka, kelompok kelompok mereka bisa lebih maju dan berinovasi dengan produk produk lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Seorang peserta pelatihan, Tuti mengaku senang dan sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan tersebut.

Kata Tuti, selain dapat ilmu, mereka juga bisa menambah jenis usaha baru yang lebih menjajikan.

“InsyaAllah saya bikin, saya mau tawarin secara online, saya sudah bikin olahan berupa kerupuk lele, jadi ini ada tambahan baru, dan penghasilan baru, ” pungkaanya. (T1)