Terastangerang.com, Tigaraksa, – Sebagai mahasiswa, menjaga kesehatan harus menjadi prioritas utama. Tanpa kesehatan yang baik, prestasi akademik dan pengalaman sosial dapat terganggu.

Oleh karena itu, penting untuk mengakses layanan kesehatan yang tepat dan mengambil langkah proaktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, kesehatan seringkali menjadi faktor yang terabaikan.

Maka dari itu, Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) hadir dalam memberikan akses kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat, termasuk mahasiswa.

Salah satu mahasiswa yang telah merasakan manfaatnya adalah Nana Suryana (18) warga asal Kabupaten Tangerang.

“Sebagai seorang mahasiswa, saya merasa adanya Program JKN ini sangat penting di tengah kehidupan para mahasiswa. Selama saya terdaftar sebagai peserta JKN, saya sangat puas dalam pelayanan kesehatan yang diberikan. Saya pun selalu berobat di klinik yang terdekat dari rumah saya, selain aksesnya mudah, peralatan medis yang dimiliki pun cukup lengkap, sehingga saya tidak perlu diberikan rujukan lebih lanjut untuk ke rumah sakit. Obat yang diberikan dari pihak klinik juga sangat bagus, cukup satu kali saya berobat, kondisi tubuh saya sudah langsung membaik tanpa harus kembali ke klinik,’’ tutur Nana (12/6/24).

Salah satu manfaat utama Program JKN bagi mahasiswa adalah perlindungan finansial. Dengan biaya yang terjangkau, mahasiswa dapat memperoleh perlindungan finansial yang penting dalam menghadapi risiko kesehatan yang tak terduga.

Selain itu, akses terhadap layanan Program JKN juga mendorong mahasiswa untuk lebih memperhatikan kesehatan mereka secara keseluruhan sehingga mengurangi risiko komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

Hal ini penting dalam membentuk perilaku kesehatan positif yang akan berlangsung sepanjang hidup para mahasiswa.

“Saya sangat merekomendasikan Program JKN kepada kerabat dekat saya. Di tengah kesibukan saya sebagai mahasiswa, saya selalu menjaga pola hidup sehat agar senantiasa dapat menjalankan aktivitas saya seperti biasa. Namun, ketika kondisi saya sedang tidak fit, tentu penanganan kesehatan terbaik yang saya butuhkan. Dan menurut saya, Program JKN sangat penting untuk dapat terus berkelanjutan sehingga banyak masyarakat yang dapat terbantu khususnya masyarakat menengah ke bawah yang dapat terjamin untuk layanan kesehatannya tanpa adanya diskriminasi,’’ jelas Nana.

Dengan menjadi peserta JKN, mahasiswa memiliki akses yang merata ke berbagai layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin hingga perawatan medis yang lebih intensif.

Ini memastikan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir tentang biaya mahal saat membutuhkan perawatan kesehatan. Dan menjadi peserta JKN bukan hanya tentang memperoleh manfaat saat ini, tetapi juga tentang berinvestasi dalam kesejahteraan masa depan.

Dengan memiliki akses yang mudah dan terjangkau ke layanan kesehatan, mahasiswa dapat memastikan bahwa mereka dapat mencapai potensi penuh dalam lingkungan yang sehat dan aman.

“Senang sekali rasanya saya telah terdaftar sebagai peserta JKN sejak awal. Pelayanannya selalu konsisten. Saya pun takjub dalam mendapatkan pelayanan di kantor cabang. Awal kedatangan, saya disambut ramah dan ditanyakan terkait kebutuhan saya, lalu diarahkan untuk mengambil nomor antrean. Tidak lama sejak saya duduk di kursi antrean, ternyata ada petugas mobile yang menghampiri saya dan menanyakan kebutuhan saya. Kemudian petugas tersebut menjelaskan informasi dengan jelas, dan saat ini kemudahan akses dapat diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN. Kebutuhan saya di kantor cabang dapat selesai melalui petugas mobile sehingga saya tidak perlu melanjutkan antrean di loket. Semoga pelayanan yang baik ini dapat terus berlanjut untuk kedepannya,” tutup Nana. (*)