Terastangerang.com Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang menggelar rapat paripurna dalam rangka jawaban Bupati Tangerang terhadap pandangan umum fraksi atas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) tahun 2022.

Agenda tersebut berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, Selasa, (28/3/2023).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang diwakili oleh Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli menyampaikan apresiasinya kepada seluruh fraksi yang dinilai telah berkontribusi besar terhadap pelaksanaan pembangunan di wilayah.

“Sebelumnya, saya beserta jajaran lainnya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap seluruh fraksi yang berkontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Tangerang,” kata Mad Romli dalam sambutannya.

Mad Romli mengatakan, secara garis besar pandangan umum fraksi-fraksi pada beberapa waktu lalu menitikberatkan kepada beberapa hal, antara lain upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan efisiensi serta efektivitas belanja daerah.

Menanggapi itu, maka dapat dijelaskan beberapa hal sebagai berikut;

Pertama, arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang tahun 2022 yang merupakan tahapan ke empat dalam pencapaian target visi dan misi RPJMD sampai dengan 2023 secara berkelanjutan dan akan terus di optimalkan melalui program unggulan yang telah ditetapkan.

Kedua, lanjut dia, laju pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan pada tahun 2022, berbagai langkah strategis dilakukan oleh pemerintah daerah dengan pengalokasian anggaran untuk penanganan kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Ketiga, penyerapan belanja daerah nantinya akan direalisasikan dan dioptimalkan dengan efisiensi dan efektif, sehingga diupayakan serta didukung dengan perencanaan dan pengendalian yang akuntabel.

Keempat, pelayanan publik terutama di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan dan pelayanan umum lainnya terus dievaluasi dalam rangka meningkatkan aksesibilitas masyarakat.

“Semoga penjelasan ini dapat menjawab seluruh pandangan umum fraksi sesuai dengan harapan pimpinan DPRD Kabupaten Tangerang,” ucap Mad Romli.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Kholid Ismail menyatakan bahwa LKPJ tahun 2022 mulai dibahas hari ini. Maka itu, lanjutnya ia meminta kepada seluruh OPD agar segera menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Tahap demi tahap kita lalui dengan lancar, aman dan tertib. Dan untuk OPD segera siapkan dokumen pembahasan LKPJ nya,” tandasnya. (der/T1)

Follow Berita Teras Tangerang di Google News