TERASTANGERANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten wilayah Kabupaten Tangerang menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU).

Penandatanganan tersebut berlangsung disesi akhir acara Literasi Media untuk Humas dan Kepala Sekolah SLTA di Kabupaten Tangerang yang dihelat di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (13/9/22).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangkj Wahyudin mengatakan, inti dari MoU tersebut adalah untuk meningkatkan literasi media dan membumikan jurnalisme di sekolah-sekolah SLTA yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Sebagai organisasi profesi wartawan, kami sangat menyambut baik kerjasama dengan KCD Kabupaten Tangerang ini, karena penyelenggara pendidikan serta siswa memang sangat perlu memahami jurnalisme,” kata Sangki.

Menurut Sangki, kerjasama tersebut salah satu ikhtiar atas tantangan di era digital agar generasi penerus dapat memahami jurnalisme sejak di bangku sekolah untuk menghadapi tantangan kebebasan informasi.

“Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan jurnalisme, tentunya anak-anak didik di sekolah mampu bersikap kritis dalam menyaring sebuah informasi, baik di media sosial maupun berbagai platform lain di internet, agar mereka tidak menjadi korban hoaks,” tegasnya.

Baca juga : Ratusan Kepala Sekolah Ikuti Literasi Media di UMN

Sangki juga berharap, para penyelenggara pendidikan dapat meningkatkan kapasitas serta kapabilitas untuk aktif memproduksi konten-konten positif yang akan menghiasi jagad maya.

“Saat ini, kemampuan jurnalisme sangat dibutuhkan juga oleh para guru dan kepala sekolah, sehingga kami berharap sahabat-sahabat kami ini terus aktif menulis dan memproduksi konten-konten edukatif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” imbuhnya.

Sementara, Kepala KCD Pendidikan dan Kebudayaan Banten wilayah Kabupaten Tangerang, Mohamad Bayuni mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar sekolah-sekolah SLTA di Kabupaten Tangerang semakin aktif dan kreatif di era digital ini.

“Tentunya dengan adanya kerjasama dengan PWI Kabupaten Tangerang ini, semangat kami mendorong sekolah-sekolah aktif memproduksi konten positif dan edukatif semakin besar, karena kami berjalan bersama sahabat dalam perjalanan untuk mewujudkan misi tersebut,” ungkapnya.

Bayuni mengapresiasi kiprah PWI Kabupaten Tangerang yang selama ini terus aktif menggelar berbagai kegiatan, terutama pelatihan jurnalistik bagi masyarakat dan dunia pendidikan.

“Kami berharap dengan adanya MoU ini, kegiatan-kegiatan tersebut semakin ditingkatkan, terutama dengan target peserta siswa dan guru,” pungkasnya.(T1)