Terastangerang.com – Kepala Seksi (Kasie) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Maksis Sakhabi mengapresiasi dan meminta kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang untuk melanjutkan program literasi media untuk pelajar.

“Saya apresiasi atas terlaksananya kegiatan literasi media di kalangan pelajar dan ini merupakan kegiatan yang pertama kali di Kabupaten Tangerang,” kata Maksis saat membuka kegiatan literasi media yang digelar PWI Kabupaten Tangerang di SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Rabu (28/2/24).

Maksis juga berharap, PWI Kabupaten Tangerang dapat melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan menulis berita di 204 SMK Negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Kami cabang dinas pendidikan Kabupaten Tangerang berharap kepada PWI Kabupaten Tangerang untuk bisa kolaborasi mengadakan kegiatan serupa yang tidak hanya di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang, tapi juga disekolah – sekolah lain yang ada di Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Maksis mengatakan, pihaknya dan PWI Kabupaten Tangerang akan membahas konsep untuk melanjutkan kegiatan literasi media dikalangan pelajar pada sekolah tingkat atas tersebut.

“Kita akan buatkan konsep dan tinggal nanti kemasannya saja seperti apa, kami berharap PWI Kabupaten Tangerang bisa melanjutkan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk para siswa di era keterbukaan informasi ini,” tandasnya.

Diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang terus gencar melakukan literasi media kepada masyarakat, salah satunya kepada pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 90 siswa pun antusias mengikuti acara yang berlangsung di aula SMKN 5 Kabupaten Tangerang tersebut.

Bertajuk Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang Goes To School, Literasi Media untuk Pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang, bertujuan untuk membekali para pelajar pengetahuan dasar jurnalistik serta media sosial yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan di kalangan pelajar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para peserta memahami dasar-dasar jurnalistik dan media sosial, sehingga mereka menjadi generasi yang melek informasi dan bijak dalam menggunakan media sosial,” ungkap Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo.

Mulyo mengatakan, program Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang didesain sebagai wahana untuk melakukan transformasi nilai, pengetahuan dan keterampilan bagi jurnalis juga masyarakat umum.

Melalui program tersebut, PWI Kabupaten Tangerang bertekad terus meningkatkan kompetensi anggotanya, serta sekaligus mengedukasi masyarakat seputar jurnalistik.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, kompetensi anggota kami terus meningkat, sementara masyarakat juga kian melek media,” imbuhnya.

Selain itu, program ini juga sebagai upaya melakukan kaderisasi, sehingga pelajar maupun mahasiswa yang bercita-cita ingin menjadi wartawan, sejak dini telah mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik. (tim)