TERASTANGERANG– Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Salembaran Jati, Kecamatan Kosambi, Kabupatem Tangerang, tinggal sebentar lagi. Namun, hingga kini Panitia Pilkades belum bisa memastikan jumlah pemilih sah lantaran belum mengantongi data lengkap calon pemilih.

Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Salembaran Jati, H Samsul menegaskan, pihaknya belum menerima data pegawai dan staf Desa Salembaran Jati sesuai Surat Keputusan (SK).

Padahal, kata Samsul, pantia sudah mengajukan permohonan kepada Pjs Kades sebagai bahan Musdes sebelum ditetapkan menjadi pemilih.

“Waktu pelaksanaan Pilkades PAW mepet, sementara tahapan harus berjalan, saya belum diberikan data staf dan pegawai yang sesuai SK, baru draf nama saja,” kata Samsul kepada wartawan, Senin (17/10/22).

Menurut Samsul, nama-nama pegawai dan staf Desa Salembaran Jati yang akan menjadi pemilih harus terdata dan sesuai SK.

“Kalau sebatas draft nama itu sudah di kasih oleh Pjs, cuma saya kira kalau sebatas draft nama itu menurut saya tidak sah dan harus ada salinan atau surat SK sebab kalau draft nama kan bisa saja di buat” jelasnya.

Meski tidak ada kendala yang berarti dalam tahapan Pilkades PAW tersebut, Samsul mengaku kesulitan menerima data bakal calon pemilih berdasarkan SK.

“Untuk kendala sendiri seputar dengan tahapan Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala, hanya sebatas berkas data pegawai saja karena yang menentukan peserta Musdes itu kan harus Kepala Desa, ” ungkapnya.

Sementara, Pjs Kepala Desa Salembaran Jati, H Samsudin saat di hubungi lewat sambungan WhatsApp membenarkan jika dirinya hanya menyerahkan nama-nama pegawai dan staf desa dan tidak melampirkan SK.

“SK nanti diserahkannya secara global, justru kita serahin data dari jauh-jauh hari biar panitia itu siap-siap, begitu tahapan penentuan nanti tanggal 28 Oktober baru kita serahin biar nanti di ajukan panita kepada BPD sebagai penanggung jawab” kata Samsudin.

Samsudin menambahkan, ia sudah meminta SK kepada para RT dan RW dan baru sebagian yang sudah menyerahkan, sementara sisanya belum.

“Karena di salembaran jati kan ada nama yang sudah meninggal, sudah di ganti itu di sesuaikan dulu dengan fakta yang ada sekarang, justru kita juga Pjs menginginkan perjalanan pilkades ini berjalan cepat dan lancar, ” ujarnya. (tim)