Terastangerang.com, – Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah meningkatkan jumlah hewan kurban yang didistribusikan dalam rangka perayaan Iduladha 1445 Hijriah. Ada sebanyak 94 hewan kurban yang telah disebarkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, Pemkot Tangsel menyerahkan sebanyak 46 ekor sapi dan 48 ekor kambing kepada masjid, yayasan, pondok pesantren, dan organisasi keagamaan yang tersebar di seluruh wilayah Tangerang Selatan.

“Jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun kemarin. Tahun kemarin itu hanya 39 atau 40 ekor sapi, dan kurang dari 40 ekor kambing,” ujar Benyamin usai sholat Iduladha 1445 H di Islamic Center Baiturrahmi, Senin 17 Juni 2024.

Benyamin menyampaikan, peningkatan jumlah hewan kurban ini tidak hanya menunjukkan komitmen Pemkot Tangsel dalam membantu masyarakat, tetapi juga memperkuat semangat berbagi dan gotong royong yang menjadi esensi dari perayaan Iduladha.

Pemotongan hewan kurban telah dilakukan dan diharapkan distribusinya bis mencapai yang membutuhkan dengan tepat dan efisien.

“Kami berharap distribusi hewan kurban ini bisa berjalan lancar dan tepat sasaran, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Benyamin berharap, makna Iduladha dapat diresapi oleh seluruh warga Tangsel sehingga semangat berbagi dan saling peduli terus tumbuh dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga mengajak seluruh warga untuk memaknai Iduladha sebagai momen refleksi diri dan peningkatan kualitas spiritual.

“Mari kita jadikan Iduladha ini sebagai momen untuk meningkatkan ketakwaan dan kepedulian kita kepada sesama. Semoga semangat kurban ini bisa terus kita jaga dan kembangkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Iduladha ini juga kata Benyamin, bukan hanya ibadah kurban semata secara ritual. Tetapi juga tentang hakikat dari nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, dan solidaritas.

“Dalam konteks ini, Iduadha sangat relevan dengan upaya kita dalam menanggulangi kemiskinan di Tangsel,” kata dia.

Pemkot Tangsel terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya melalui berbagai program dari pemberdayaan ekonomi, meningkatkan akses pendidikan hingga penyediaan layanan kesehatan yang semakin baik.

“Semua ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu saya mengajak, kita semua untuk berkontribusi dalam upaya bersama pengentasan kemiskinan,” tutupnya. (*/mln)