TERASTANGERANG– Hingga pekan ke empat di bulan Agustus, harga telur terus merangkak naik bahkan menyentuh level tertinggi sepanjang tahun ini.

Harga telur ayam dibanderol hingga Rp 32.000 per kg pada hari ini, Selasa (30/8/2022) dari harga normal Rp. 22.000 per kg.

Harga tersebut menjadi harga tertinggi sepanjang 2022. Sejak Januari 2022 hingga 23 Agustus 2022, harga telur tidak pernah menyentuh level Rp 32.000 per kg. Pada awal Agustus 2022, harga telur bahkan masih di kisaran Rp 29.300 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat menjelaskan, lonjakan harga telur dipengaruhi karena kenaikan harga pakan ternak.

Baca Juga : Hore! Harga Minyak Goreng Curah Sudah Dibawah HET

“Informasi dari pedagang kanaikan harga telur seiring naiknya harga pakan dari peternak ayam petelur. Naiknya harga pakan membuat peternak menjual daging ayam afkir alias kurang produktif sekaligus menekan biaya produksinya,” kata Iskandar kepada terastangerang, Selasa (30/08/22).

Iskandar menyebutkan, kenaikan harga telur juga dipengaruhi ketersediaan stok telur yang kurang mempengaruhi spekulasi harga di tingkat pedagang eceran.

Namun demikian, tambah Iskandar, ketersediaan telur di wilayah Kabupaten Tangerang masih aman.

“Telur ayam untuk wilayah Tangerang di pasar – pasar masih aman dan banyak, hanya harga yang masih tinggi,” ungkapnya. (T1)