Gelar Literasi Media Untuk Kades, APDESI Apresiasi PWI Kabupaten Tangerang

TERASTANGERANG – Ketua APDESI Kabupaten Tangerang H Maskota HJS mengapresiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang yang telah menginisiasi Literasi Media untuk Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, kegiatan Literasi Media itu sangat bermanfaat bagi para Kepala Desa yang kerap menjadi narasumber berita.

Dengan pembekalan pengetahuan jurnalistik, kata Maskota, para Kepala Desa bisa memahami tugas dan fungsi wartawan, juga memahami hak dan kewajiban sebagai narasumber.

“Saya berharap, kegiatan Literasi Media ini bisa segera terealisasi di wilayah lainnya di Kabupaten Tangerang. Kami akan terus mendukung kegiatan PWI Kabupaten Tangerang karena sangat bernilai positif dalam meningkatkan SDM para Kepala Desa. Kami sangat berterimakasih atas kemitraan yang strategis ini,” kata Maskota dalam acara Literasi Media yang digelar PWI Kabupaten Tangerang bersama APDESI Kabupaten Tangerang, di Rumah Makan Saung Ibu, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin (8/08/22).

Literasi Media itu diikuti puluhan Kepala Desa dari enam kecamatan di wilayah pantai utara (Pantura) Kabupaten Tangerang, yaitu Kecamatan Teluknaga, Kosambi, Sukadiri, Pakuhaji, Sepatan dan Sepatan Timur.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menjelaskan, kegiatan Literasi Media ini, digelar agar para kepala desa dapat memahami tentang jurnalistik, sehingga bisa menjadi mitra yang baik dan narasumber yang mumpuni.

“Peran Kepala Desa sangat penting sebagai figur seorang pemimpin, sehingga perlu memahami dasar-dasar jurnalistik. Harapannya setelah mengikuti Literasi Media ini, mampu menjadi mitra strategis bagi kami sebagai insan pers,” ucap Sangki.

Baca juga: FOPKIA: Kematian Ibu Melahirkan Cukup Tinggi

Sangki menegaskan, salah satu peran organisasi PWI adalah terus menyebar kebaikan dengan berbagi pengetahuan seputar jurnalistik kepada berbagai pihak agar pers di Indonesia semakin sehat, cerdas dan membangun.

Dalam kesempatan itu, Sangki juga mengapresiasi semangat para Kepala Desa yang telah meluangkan waktu untuk berdiskusi dalam kegiatan ini.

“Saya bangga, di tengah kesibukan Bapak dan Ibu yang luar biasa padat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Bapak dan Ibu masih menyempatkan diri hadir dalam kegiatan Literasi Media ini. Ini sungguh luar biasa sekali,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, para Camat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Ketua dan Pengurus APDESI Kabupaten Tangerang, Ketua Korwil APDESI Kabupaten Tangerang, Ketua APDESI Tingkat Kecamatan se Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan tersebut, para Kades mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten yakni, Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin, wartawan senior yang juga dewan penasihat PWI Kabupaten Tangerang Jaya Kurnia, dan mantan Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sahatma Refindo.

Di akhir acara, para Kepala Desa mendapatkan sertifikat dari PWI Kabupaten Tangerang yang diserahkan secara seremoni kepada Ketua APDESI Kabupaten Tangerang, H.Maskota.HJS dan Korwil II APDESI Kabupaten Tangerang, Subur Maryono. (red)