Terastangerang.com,- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang, Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar Gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sekaligus Launching Inovasi Lagu di Hari Rabu Anak Paud (Gurayud) bertempat di Tangerang City Mall, Senin, (26/02) lalu.

Acara yang dihadiri para penilik dan ratusan anak-anak jenjang PAUD tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin.

Dalam kesempatannya, Dr. Nurdin menyampaikan, dalam upaya mewujudkan visi Kota Tangerang yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing, tentunya diperlukan sistem pendidikan yang komprehensif sedini mungkin.

“Bimbingan dan pembelajaran yang dimulai dari usia dini, tentunya akan turut menentukan pembentukan karakter bagi anak-anak untuk dikembangkan lagi di jenjang pendidikan berikutnya. Karenanya PAUD ini sangatlah penting dan diperlukan inovasi-inovasi agar pembelajaran dapat lebih optimal,” tutur Pj Wali Kota, dalam arahannya saat membuka acara.

dn 2
Foto Bersama Jajaran Pejabat Pemerintah Kota Tangerang dan Dinas Pendidikan bersama para murid PAUD

Untuk itu, Dr. Nurdin, mengapresiasi inovasi Gurayud yang dinilai dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak terutama yang berusia dini sehingga upaya pembentukan karakter dapat lebih optimal.

“Dengan suasana yang kondusif tentunya materi-materi akan lebih mudah ditangkap sehingga akan berdampak positif bagi anak-anak kita,” ujar Dr. Nurdin.

Lebih lanjut, Dr. Nurdin berharap, kegiatan Gebyar Paud dan launching Inovasi Gurayud tersebut, dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk terus berkolaborasi, berdialog, dan bersinergi dalam menghadapi berbagai dinamika pendidikan.

dn 3
Para siswa TK dan PAUD memainkan alat musik Drum Band saat pembukaan Gebyar PAUD Dinas Pendidikan Kota Tangerang di Tangcity Mall

“Dengan terus berkolaborasi, insya Allah kita bisa senantiasa menghadirkan solusi terbaik dalam menjawab tantangan dunia pendidikan khususnya pada PAUD, sehingga anak-anak dapat  mengasah bakat dan kreativitas serta mendorong minat juga kecintaan terhadap seni, olahraga dan agama sejak dini,” jelas mantan Kepala Pusdatin Kemendagri.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, pada Gebyar PAUD 2024 ini juga turut diselenggarakan beragam lomba dan kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung.

“Yaa anak-anak ada yang lomba senam, mewarnai, menari dan masih banyak lomba-lomba yang sengaja dihadirkan oleh panitia untuk mewadahi minat dan bakat para siswa,” ungkapnya. (Adv)