Terastangerang.com,- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tangerang, Ricky Tommy Hasiholan menerima penghargaan dari PJ Bupati Tangerang, Ricky dinilai sukses memulihkan keuangan negara sebesar Rp 2.8 Miliar, dan ikut berkontribusi dalam menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tangerang.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh PJ Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono dalam acara malam penganugerahan Pak Jaka Digital Award tahun 2024 yang digelar di Hotel Atria Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, pada Jum’at (21/06/24)

Kajari Kabupaten Tangerang, Ricky Tommy Hasiholan mengatakan,  Seksi Perdata dan Tata Usaha  Negara, berkomitmen untuk menyelesaikan Surat Kuasa Khusus dari Pemberi Kuasa dengan Profesional, Optimal Berkualitas, dan Berintegritas sehingga dapat meningkatkan Pemulihan Keuangan Negara.

Ia menjelaskan, salah satu kewenangan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yaitu dengan pemberian Bantuan Hukum sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Jaksa Agung Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Pelayanan Hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Pada tahun 2023 total pemulihan dari kegiatan penagihan berdasarkan surat kuasa khusus (SKK) dari seluruh stakeholder sebesar Rp 2.12 Miliar dan tahun 2024 per Juni saja sebesar Rp 2,8 Miliar dan yang masih berproses sebesar Rp 6.1 Miliar,” terang Ricky.

Upaya tersebut, sambung Ricky, merupakan bentuk kerjasama kemitraan dengan badan pendapatan daerah ( Bapenda) Kabupaten Tangerang dalam upaya peningkatan pendapatan daerah ( PAD), adapun penagihan tersebut bagi wajib pajak restoran, wajib pajak reklame dan wajib pajak hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Kami berharap dengan kemitraan yang terjalin ini, pendapatan asli daerah ( PAD) semakin meningkat dan tentunya akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Sementara, Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono mengapresiasi kinerja Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Ricky Tommy Hasiholan yang telah membantu memulihkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, penghargaan ini salah satu wujud apresiasi serta terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Pemkab Tangerang, dalam upaya peningkatan PAD.

Dia berharap agar kedepannya kerjasama ini terus terjalin dengan baik, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan dan kesejahteraan warga Kabupaten Tangerang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini, sehingga Bapenda Kabupaten Tangerang dapat terus menggenjot pendapatan baik dari pajak maupun retribusi,” ungkapnya.

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budi Mulyanto mengungkapkan, kinerja  Kajari Kabupaten Tangerang layak diapresiasi.

Menurutnya, wajib pajak yang diberikan surat penagihan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, dapat melakukan pembayaran tagihan pajak yang menunggak.

Slamet menjelaskan, selain Kajari Kabupaten Tangerang, Pemkab Tangerang juga memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang telah berkontribusi membangun Kabupaten Tangerang.

“Kami mengapresiasi kepada Pak Kajari Kabupaten Tangerang yang telah berkontribusi kepada PAD Kabupaten Tangerang,”paparnya. (tim)