Terastangerang.com,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang mencatat, angka kemiskinan di Kota Tangerang berada di bawah angka kemiskinan nasional dengan capaian persentase penduduk miskin per akhir tahun kemarin hanya sebesar 5,89 persen.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, angka kemiskinan di Kota Tangerang terus menunjukkan capaian pencapaian yang luar biasa.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dipublikasi BPS Kota Tangerang, persentase penduduk miskin di Kota Tangerang, yakni 5,89 persen (2023) atau terjadinya penurunan 0,4 persen persen dibandingkan dengan data setelah pandemi yang mencapai 5,93 persen (2021).

“Penurunan angka kemiskinan di Kota Tangerang merupakan pencapaian yang luar biasa dengan persentase kemiskinan yang kini berada di bawah angka kemiskinan nasional (sekitar 9 persen). Hal ini tidak bisa dilepaskan dari upaya program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sampai akses layanan publik merata yang selama ini digencarkan,” ujar Ruta, Kamis (13/6/24).

Dia melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga terus berkomitmen meluncurkan langkah-langkah strategis untuk merealisasikan program yang relevan dengan penurunan angka kemiskinan di Kota Tangerang, seperti bantuan sosial, bedah rumah, job fair, pelatihan kelompok usaha, balai latihan kerja, sampai menggratiskan 146 sekolah swasta.

“Tidak hanya itu, penurunan angka kemiskinan di Kota Tangerang sendiri pernah mendapatkan apresiasi lewat Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dari pemerintah pusat pada tahun 2023 lalu,” paparnya. (rls/nji)